Pembuatan Media Gupi Gunita Jamuran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kebudayaan Jawa Timur di SDN Mojo VI/225 Surabaya

Miftahul Farihah, S.Pd SD, Uke Afriyanti, S,Pd, Dita Hayuningtyas, SM

Sekolah Dasar Negeri Mojo VI/225 Kota Surabaya

Abstrak

Paper ini merupakan hasil Penelitian dan Pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang kebudayaan di Jawa Timur pada anak usia 9-12 tahun melalui media permainan PIGURA (Gupi Gunita Jamuran). Media permainan PIGURA merupakan permainan yang menggunakan papan permainan yang memiliki konten mengenai keberagaman kebudayaan di Jawa Timur. PIGURA tersebut dicetak pada banner berukuran 1,2m x 1,2m dan menggunakan bidak untuk mewakili pemain. Permainan didukung dengan dadu dan kartu budaya Kabupaten/Kota sehingga dapat menarik minat anak dalam kegiatan pembelajaran. Permainan ini menjadi salah satu alternatif media pembelajaran. Penelitian ini telah diujicobakan dilakukan di SDN Mojo VI/225 kota Surabaya selama 2 bulan. Adanya peningkatan pada hasil kegiatan pre-test dan post-test dan antusias anak yang sangat tinggi yang menunjukkan bahwa media permainan PIGURA layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang kebudayaan di Jawa Timur pada anak usia sekolah dasar. Penilaian terhadap aktivitas siswa terdiri dari tiga aspek, yaitu disiplin, kerjasama, dan mematuhi peraturan permainan. Pada siklus I memperoleh persentase 85,1% dengan kriteria sangat baik. Penyebabnya siswa kurang bekerjasama dalam melaksanakan permainan PIGURA dan kurang mematuhi peraturan permainan. Pada siklus II memperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat baik. Kemudian, pada siklus III memperoleh prosentase sebesar 94,6% atau 32 orang siswa telah mencapai target yang diharapkan, yaitu 90% atau 30
orang siswa dinyatakan dengan kriteria sangat baik. 

Kata Kunci: Permainan, Kebudayaan di Jawa Timur, Sekolah Dasar