Ibu Gubernur Khofifah Pimpin Langsung Upacara Hardiknas 2022 di Gedung Negara Grahadi.

Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Jawa Timur, menjadi Inspektur Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 di Gedung Negara Grahadi, Jumat pagi (13/05/2022)

Sebetulnya Hardiknas sendiri diperingati setiap pada tanggal 2 Mei, namun karena pada hari tersebut bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama tahun 2022, maka Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan upacara Hardiknas 2022 pada hari Jum’at secara serentak di seluruh Indonesia. 

Upacara Hardiknas di Provinsi Jawa Timur dimulai pada pukul 08.00 WIB secara tatap muka dan terbatas. Upacara Hardiknas 2022 kali ini mengambil tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Saat membacakan naskah sambutan Mendikbud Ristek, Ibu Gubernur Khofifah mengatakan bahwa pada era digital saat ini, kita dituntut untuk belajar out of the box sebagai upaya membawa pendidikan menuju masa depan yang lebih baik melalui kemerdekaan dan kebebasan dalam belajar apapun itu. 

“Pendidikan bukanlah sekedar wahana untuk mencerdaskan bangsa, tapi juga sarana untuk mengembangkan kreativitas menuju bangsa yang beradab, berkarakter, dan berbudi luhur,” ujar Ibu Gubernur Khofifah.

Hardiknas 2022 ini, lanjut Ibu Khofifah adalah momentum bagi kita semua untuk bergerak bersinergi menjadi pemimpin di sektor masing-masing. “Dengan semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”, kita bersama-sama memulihkan pendidikan” terang gubernur pertama perempuan di Jawa Timur tersebut. 

Di kesempatan yang sama, Ibu Gubernur Jatim juga menyerahkan Tanda Penghormatan Satya Lencana Karya Satya masa kerja 10 tahun kepada Guru SMKN 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo dan kepada siswa/siswi yang telah mengharumkan nama Provinsi Jawa Timur dengan sejumlah prestasi juara pertama baik di tingkat provinsi, nasional, bahkan Internasional. 

Sumber Berita: Kominfo Jatim (13/05).